Samsung Galaxy Note8

Samsung Galaxy Note8

Telah lama dinanti-nanti
Setelah layar Samsung Galaxy S series melebar hinggga 6,2 inci, Note series tidak lagi menjadi satu-satunya phablet flagship. Lalu apa yang membedakan Note8 saat dibandingkan dengan S8+? Bedanya adalah ada pada S Pen dan fitur produktivitas dan pendukung kreativitas. Dan untuk pertama kalinya pada smartphone Samsung, Anda juga akan mendapatkan kamera belakang ganda dengan stabilisasi gambar optikal (OIS) di kedua lensa kamera.

Desain
Seperti dugaan, Galaxy Note8 mengusung desain Infinity Design seperti pada Galaxy S series yang menyajikan lengkungan di kedua sisi dan meluber hingga ke samping serupa kolam renang tak berbatas. Tidak tersedia tombol fisik di bagian depan dan hanya menampilkan bezelkecil di bagian atas dan bawah, sangat menarik dengan desain ini saat diuji dengan samsung Galaxy S8.
Ada beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy Note8 dengan Samsung Galaxy S8 tetapi sulit untuk dikenali. Pertama, sudut layar tidak sebulat seperti pada Samsung Galaxy S8. Menurut Samsung, dibagian sudut yang lebih persegi memberikan kesan profesional pada Samsung Galaxy Note8. Kedua-duanya lengkungan di bagian sisi layar lebih curam dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8.
Samsung Galaxy Note8 dengan layar 6,3 inci atau 0,1 inci lebih besar dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8+. Saat digenggam Samsung Galaxy Note8 nyaris identik dengan Samsung Galaxy S8+, hanya terasa lebih tebal. Samsung Galaxy Note8 dengan memiliki dimensi 162,5 x 74,8 x 8,6 mm sehingga membuatnya sedikit lebih panjang dan lebar serta 0,5 mm lebih tebal dari Samsung Galaxy S8+. Berbobot 195 gram, Samsung Galaxy Note8 juga 22 gram lebih berat daripada Samsung Galaxy S8+. Dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note7, Note8 juga sedikit lebih panjang dan lebar, serta lebih tebal dan berat. Tentu saja, seperti Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note8 juga memiliki rating IP68 untuk ketahanan debu dan air, sehingga bisa digunakan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.
Seperti Samsung Galaxy S8 dan S8+, tersedia tombol khusus Bixby di sisi kiri Samsung Galaxy Note8, tepat di bawah tombol volume. Sayangnya, tidak tersedia opsi untuk menggantikan fungsi tombol tersebut untuk fungsi lainnya.

Tombol daya sekali lagi di posisikan di sisi kanan, sedangkan jack headphone 3,5 mm dan port USB Type-C dan speaker tunggal tetap di bagian bawah. Port S Pen juga diposisikan di bagian bawah Samsung Galaxy Note8.

Di bagian belakang Samsung Galaxy Note8, terdapat panel kaca yang melengkung di kedua sisinya, serupa dengan desain layar di depan. Di belakang Anda juga bisa menemukan fitur baru Samsung Galaxy Note8 yaitu konfigurasi kamera ganda yang terdiri dari kamera 12 megapiksel dengan lensa telephoto f/2.4 dan kamera 12 megapiksel lensa sudut lebar f/1.7. Konfigurasi kamera tersebut nyaris serupa dengan Apple iPhone 7 Plus yang membeirkan zoom optikal 2x dan model bokeh yang disebut Samsung sebagai Live Focus.

Tidak seperti Samsung Galaxy S8 yang memposisikan kamera belakang secara terpisah di bagian belakang, Samsung Galaxy Note8 menempatkan elemen kamera serta pemindai sidik jari berada di dalam modul kotak berwarna hitam. Penataan tersebut terlihat bagus pada varian warna Midnight Black, akan tetapi kotak hitam berukuran besar terlihat mengganggu pada varian warna lainnya, terutama ketika desain kotak di dalam kotak tersebut meliputi pemindai sidik jari.
Berbicara dengan warna, Samsung Galaxy Note8 tersedia dalam empat varian warna yaitu: warna Midnight Black, warna Orchid Grey, warna Maple Gold, dan warna baru Deepsea Blue yang merupakan varian lebih gelap dari warna Coral Blue milik Samsung Galaxy S8.

Layar
Seperti Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note8 mempunyanyi panel Super AMOLED QHD yang selalu menyala dengan aspek rasio 18,5:9 dan resolusi 2960 x 1440 (~552 ppi). Seperti Samsung Galaxy S8 dan S8+, rasio layar ultra lebar yang tidak biasa ini berarti total ukuran layar sebenarnya tidak sebesar layar dengan aspek rasio 16:9. Saat menyaksikan konten 16:9 reguler pada Samsung Galaxy Note8, maka ukuran terlihat seperti layar 5,7 inci.

Rasio layar yang tidak biasa berarti pula bahwa banyak aplikasi yang akan ditampilkan dengan kotak hitam di pinggirnya karena dibuat untuk rasio 16:9. Meski demikian, sejak peluncuran Samsung Galaxy S8, beberapa aplikasi telah diperbarui untuk mendukung rasio 18,5:9.

Salah satu penggunaan terbaik layar ultra lebar Samsung Galaxy S8 adalah untuk fitur Multi-Windows yang menampilkan dua aplikasi secara berdampingan. Untuk menambah kenyamanan, Samsung Galaxy Note8 kini menyediakan fitur baru bernama App Pair yang memungkinkan Anda memasangkan dua aplikasi dan meluncurkannya secara simultan dalam model Multi-Windows dari layar Appl Edge. Misalnya, jika menggunakan Google Maps dan Spotify secara bersamaan saat berkendara, Anda bisa menggunakan App Pair untuk secara otomatis meluncurkan keduanya secara bersamaan.

Kamera belakang ganda
Samsung Galaxy Note8 mengusung upaya pertama Samsung menghadirkan konfigurasi kamera ganda. Seperti Apple (dan banyak lainnya), tersedia lensa telephoto yang dipasangkan dengan lensa sudut lebar yang memberikan zoom optikal 2x. Kedua kamera memiliki resolusi 12 megapiksel, di mana lensa telephoto memiliki aperture f/2.4 dan lensa sudut lebar memiliki aperture f/1.7. Konfigurasi tersebut mirip dengan iPhone 7 Plus. Kamera Samsung Galaxy Note8 juga memiliki kemampuan zoom digital 10x.
Perbedaan terbesar antara konfigurasi kamera ganda Samsung dengan smartphone berkamera ganda lainnya di pasaran adalah kedua lensanya mendukung stabilisasi gambar optikal (OIS). Hampir setiap smartphone berkamera ganda lainnya (termasuk iPhone 7 Plus) menyediakan OIS hanya pada lensa sudut lebar, sehingga menggunakan zoom 2x seringkali menghasilkan gambar buram.


Sudut lebar.                                                                          Telephoto.



Salah satu fitur besar dari smartphone berkamera ganda adalah model bokeh yang membuat latar belakang terlihat buram. Apple menjulukinya sebagai mode Portrait, sedangkan versi Samsung disebut dengan Live Focus. Fitur menarik dari Live Focus adalah Anda bisa mengatur tingkat keburaman latar belakang menggunakan tombol geser yang muncul di atas tombol shutter pada layar. Anda bahkan bisa melakukan pengaturan efek bokeh setelah foto diambil dengan mengaksesnya di Gallery. Klik gambar maka tombol geser yang sama akan muncul. Pada iOS 11, Anda hanya bisa mematikan atau mengaktifkan efek kedalaman efek sebuah foto yang diambil menggunakan mode Portrait.


Tersedia pula seting Dual Capture yang bisa diaktifkan saat memotret di mode apapun dan menggunakan kedua kamera belakang untuk mengambil dua gambar secara simultan – satu foto close-up dari lensa telephoto dan satu gambar sudut lebar yang menunjukkan keseluruhan latar belakang. Anda bisa mematikan dan mengaktifkan mode kamera ganda dengan menekan ikon dua kotak di baris teratas aplikasi kamera.
Di depan, Samsung Galaxy Note8 mempunyai kamera selfie 8 megapiksel f/1.7 serupa seperti Samsung Galaxy S8.
S Pen
S Pen tahun ini terlihat nyaris serupa dengan yang kami saksikan pada Samsung Galaxy Note7 tahun lalu. Jika belum pernah menggunakan S Pen tahun lalu, Samsung telah mendesain S Pen ulang agar lebih responsif dan mudah digunakan berkat tip lebih tipis yang memiliki radius hanya 0,7 mm (turun dari 1,4 mm pada S Pen milik Samsung Galaxy Note5) agar lebih terasa seperti pena ballpoint. Seperti model tahun lalu, S Pen Samsung Galaxy Note8 mampu mengenali 4096 tingkatan tekanan, dua kali lipat dari S Pen milik Samsung Galaxy Note5.

Sebuah fitur baru untuk S Pen tahun ini adalah Live Message yang memungkinkan Anda membuat animasi GIF tulisan tangan dengan efek animasi untuk dikirimkan ke teman. Anda bisa menggunakan gambar latar kosong atau memilih foto dari galeri. Setelah membuat Live Message, Anda bisa menyimpannya sebagai emoji kustom untuk mengirimkannya kembali.
Selain Live Message, Anda lebih banyak menemukan peningkatan fitur S Pen Samsung Galaxy Note7 daripada fitur baru apapun. Translate kini menerjemahkan seluruh kalimat, bukan per kata dan bahkan tersedia konversi unit dan mata uang setiap kali menterjemahkan sesuatu.
Mode Screen off memo juga telah ditingkatkan dan kini Anda bisa menuliskan hingga 100 halaman catratan dalam mode Screen off memo. Anda juga bisa mengedit dan menyimpan Screen off memo apapun.
Dukungan Dex
Seperit Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note8 kompatibel dengan dock Samsung Dex yang memungkinkan Anda mengubah smartphone menjadi desktop PC serupa Chromebook dengan menghubungkannya ke monitor serta keyboard dan mouse nirkabel. Tersedia pula beberapa fitur baru menarik pada Dex yang saat ini hanya tersedia pada Samsung Galaxy Note8, tapi kemungkinan akan ditambahkan pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ pada pembaruansoftware mendatang.
Yang pertama adalah Game Launcher yang memungkinkan Anda menjalankan game Android yang kompatibel dalam mode layar penuh menggunakan keyboard dan mouse.

Tersedia pula aplikasi penciptaan musik bernama Soundcamp yang memungkinkan Anda menghubungkan instrumen USB seperti mini-keyboard ke dock Dex dan merekam musik buatan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengedit musik di dalam aplikasi tersebut.

Performa & Keamanan
Seperti Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note8 akan hadir dalam dua varian yakni versi Qualcomm Snapdragon 835 untuk pasar A.S. dan versi Samsung Exynos 8895 untuk pasar lainnya. Samsung telah meningkatkan RAM hingga kapasitas 6 GB (naik dari 4 GB pada Samsung Galaxy S8) dan media penyimpanan internal berkapasitas 64 GB, dengan slot kartu microSD yang mendukung kapasitas hingga 256 GB. Agak mengecewakan bahwa kontroler media penyimpanan Samsung Galaxy Note8 hanya mendukung kartu memori berkapasitas hingga 256 GB karena smartphone lainnya kini telah mendukung hingga 2 TB.
Sesuai dugaan, Samsung bermain aman dengan baterai Samsung Galaxy Note8. Bahkan, Samsung tidak ingin mengambil risiko dan membenamkan baterai berkapasitas 3300 mAh pada Samsung Galaxy Note8 atau lebih rendah dibandingkan dengan 3500 mAh milik Samsung Galaxy S8. Samsung juga menekankan bahwa baterai Galaxy Note8 telah melalui 8-point Battery Safety Check yang merupakan pengecekan keamanan baterai terketat di industri.
Samsung Galaxy Note8 mengusung fitur keamanan serupa seperti SamsungGalaxy S8, termasuk di antaranya biometrik ganda dalam bentuk sidik jari dan pemindai iris, Samsung Knox, dan Secure Folder. Seperti Samsung Galaxy S8, Anda juga bisa menggunakan opsi lebih nyaman – akan tetapi kurang aman – yaitu pengenalan wajah untuk membuka smartphone.

Kesimpulan
Samsung Galaxy Note8 merupakan smartphone fantastis yang dilengkapi dengan jajaran fitur unggulan seperti rancang bangun IP68, wireless charging, dan layar QHD yang selalu menyala. Penambahan konfigurasi kamera belakang ganda membuat Samsung Galaxy Note8 sejauh ini menjadi smartphone dengan fitur terbanyak di pasaran – tidak hanya itu, bisa jadi merupakan konfigurasi kamera belakang ganda terbaik hingga kini. 
Meski demikian, sebagus apapun Samsung Galaxy Note8, ia tidak membuat kami bergairah seperti saat Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S8. Samsung sepertinya telah mencapai batasan terkait fungsi S Pen dan konfigurasi kamera ganda yang meskipun sangat bagus, bukanlah hal baru – konsumen telah menyaksikan smartphone berkamera belakang ganda sejak HTC One M8 di 2014. Meskipun seluruh kombinasi fitur Samsung Galaxy Note8 bisa dibilang memukau, tidak ada tawaran baru. 
Samsung Galaxy Note series sebelumnya merupakan pilihan bagi pengguna phablet, tapi dengan perbedaan ukuran layar hanya 0,1 inci dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy Note8 tidak lagi menarik. Para pengguna phablet juga lebih perhatian terhadap daya tahan baterai (sebab ukuran layar besar akan menguras baterai lebih cepat), tapi kapasitas baterai Samsung Galaxy Note8 yang lebih kecil berarti kemungkinan besar memiliki daya tahan baterai lebih singkat daripada Samsung Galaxy S8+.
Garis antara Samsung Galaxy S dan Note series kini telah kabur; untuk saat ini, konfigurasi kamera belakang ganda sudah mencukupi untuk membedakan Samsung Galaxy Note8 dengan Samsung Galaxy S8, tapi kami hampir yakin akan menemukan konfigurasi serupa pada Samsung Galaxy S9 tahun depan. Untuk saat ini, satu-satunya perbedaan antara Samsung Galaxy S dan Note series adalah S Pen yang membuat kami bertanya-tanya apakah Samsung seharusnya mempensiunkan lini Samsung Galaxy Note dan menyediakan fungsionalitas S Pen pada Samsung Galaxy S series. 
Samsung Galaxy Note8 akan tersedia di pertengahan September. Belum ada informasi seputar harga dan ketersediannya di tanah air. Informasi lebih lanjut kunjungi https://androidsku.blgspot.com

Samsung Galaxy Note8 Samsung Galaxy Note8 Reviewed by Rizal suhaimi on September 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar